Bola Volly

Pelatih
Dandy Gustian

A. Pengenalan
Ekstrakurikuler bola voli sebagai suatu proses pembinaan prestasi non akademik, ekstrakurikuler bola voli yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui ekstrakurikuler bola voli. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina prestasi yang tinggi, pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.

Ekstra bola voli memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan diri dan pretasi sekolah, oleh karena itu karena ekstra bola voli sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi dibidang non akademik khususnya olahraga. Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill.
Ekstrakurikuler bola voli merupakan media untuk mendorong prestasi, pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.

B. Tujuan
Ekstrakurikuler bola voli bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1) Mengembangkan keterampilan teknik dasar bermain bola voli dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik.
2) Pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3) Meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik dasar dan taktik bermain bola voli.
4) Meletakkan landasan bermain bola voli yang benar melalui permainan olahraga bola voli.
5) Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6) Mengembangkan keterampilan bermain bola voli. Memahami konsep bermain bola voli sebagai sarana informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup ekstrakurikuler bola voli meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1) Aspek Teknik, meliputi : passing bawah, passing atas, serve, Spike/smash, dan Blocking (membendung).
2) Aspek Fisik, meliputi : kekuatan (strenght), daya tahan (endurance), kelentukan (flexibility), kelincahan (agility), kecepatan (speed), kesimbangan (balance), ketepatan (accuracy), koordinasi (coorditation), reaksi (resction), power, explosive power dan stamina.
3) Aspek Taktik, meliputi : perorangan, kelompok/regu, bertahan dan menyerang.
4) Aspek Mental, meliputi : sportif, jujur, disiplin, tanggungjawab, percaya diri, menghargai, berani, pantang menyerah, mental juara, dan semangat bertanding.