Bola Basket

Pelatih
Hari Abiansyah

Dari sekian banyaknya eskul di sekolah, eskul basket sepertinya selalu menjadi primadona bagi banyak sekolah. Bukan hal yang aneh, banyaknya kompetisi basket menjadi faktor utama yang menggaet atlit-atlit muda. Selain mengikuti banyak kompetisi, ada banyak keuntungan lho jika loopers memilih untuk mengikuti eskul basket! Berikut beberapa diantaranya!

1) Membakar Kalori
Berlari, Melompat, dan bersikap cepat serta sigap dalam permainan basket dapat membakar banyak sekali kalori. Dalam satu jam permainan basket, seseorang dapat membakar sekitar 600 kalori. Kalori yang terbakar akan semakin banyak seiring dengan semakin beratnya seseorang.

2) Baik untuk Kesehatan Jantung
Bermain basket dapat berpengaruh baik bagi kesehatan jantungmu, hal ini tergantung dengan sebanyak apa kamu bermain. Semakin rutin kamu bermain, semakin sering kerja jantung diasah. Bermain basket menguatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terkena sakit jantung dan stroke di masa yang akan datang.

3) Mengasah Konsentrasi dan Disiplin
Seperti pada permainan olahraga lainnya, basket memiliki suatu set aturan yang kamu harus ikuti. Jika kamu melanggarnya maka bukan hanya kamu yang akan terkena imbas, namun juga timmu. Bermain basket mengajarkan kamu untuk bermain secara adil dan disiplin mengikuti aturan.

4) Menguatkan Tulang
Melompat dan kegiatan lainnya yang membutuhkan usaha fisik seperti bermain basket dapat membantu mempertahankan kesehatan tulang. Semakin kuat tulangmu, semakin kecil kemungkinannya untuk dapat patah. Aktifitas fisik yang berhubungan dengan berat tubuh dapat menghasilkan sel-sel baru yang menguatkan tulang. Tulang dan otot akan menjadi lebih kuat ketika otot dan tulang saling bertarikan saat melakukan aktifitas fisik.

5) Melatih Kekuatan
Basket memerlukan olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dan dapat menghasilkan otot yang berguna untuk kesehatanmu. Dalam olahraga yang intens ini, pemain basket mengandalkan pada cara memposisikan badannya secara efektif dan kemampuannya mempertahankan posisi tersebut saat musuh mendorongnya. Bermain secara defensif dapat membangun otot leher, punggung dan otot inti, Kaki yang kuat dapat membantumu saat melempar bola dan berlari, sedangkan dribble dapat membuat otot tanganmu kuat.

6) Mengembangkan Kekuatan Mental
Basket adalah olahraga yang memerlukan kekuatan tubuh secara lengkap. Namun selain itu, basket juga adalah permainan yang membutuhkan pemainnya untuk cepat tanggap secara mental. Riset mengenai pengaruh bermain basket pada otak menjelaskan bahwa para pemain harus memberikan perhatian mereka untuk memproses apa yang terjadi di lapangan secara instan dan membuat keputusan yang singkat mengenai apa yang harus dilakukan. Dalam permainan yang cepat, kamu diminta untuk dapat memperhatikan posisi teman dan lawan dan mengatur strategi terbaik untuk menanggapi lawan. Hal ini dapat membuatmu membuat keputusan tepat dalam waktu yang singkat di kehidupan sehari-hari.